Alhamdulillah akhirnya sehat juga motor saya satu-satunya ini yang merupakan langsiran bulan November tahun 2000,setelah sebelumnya selalu mogok ketika digunakan saat hujan.
Keluhan awal yaitu mesin selalu mati tiba-tiba saat menerobos hujan, gerimis sekalipun pasti mogok benar-benar memalukan :( . Saat mogok sama sekali ga bakal bisa hidup meski kaki udah loyo karena ngengkol (stater listrik udah ga mempan) cek busi kering, cek pengapian juga bagus (hilang sudah keraguan pada kiol / CDI) tapi setelah ganti busi cadangan bisa hidup tapi harus digeber dulu diatas 7000 rpm kalo nggak dijamin bakal mogok lagi, bahkan sempat saya beli beberapa busi cadangan buat jaga-jaga. Anehnya kalo dicuci steam, ga ada masalah saat dihidupkan lagi (kecurigaan pada cap / tutup busi hilang sudah).
Dan karena penasaran dan capek bongkar pasang busi saat mogok dikala hujan, Awal bulan ini mampir ke AHASS beli cap busi (cap, supresor #30700-KPH-881) harganya cuma Rp. 14.000,00. Setelah saya pasang esoknya, dicoba buat nerobos hujan lebat di Surabaya, plus banjir beberapa waktu lalu. Alhamdulillah akhirnya ga mogok sama sekali, berakhir sudah penderitaan saya saat hujan turun tiba-tiba.
Setelah saya amati, memang cap busi yang lama karetnya sudah keras dan gripis (lubang kecil-kecil) pada ujungnya (yang menjepit keramik busi) kemungkinan saat hujan ada air atau uap air yang masuk sehingga menggangu pangapian, tapi tetap jadi misteri kenapa setelah di cuci steam motor saya tetap bisa hidup.
Gambar Cap, Supresor busi Tiger - Megapro dan kemungkinan bisa dipake juga di GL series lainnya.
Keluhan awal yaitu mesin selalu mati tiba-tiba saat menerobos hujan, gerimis sekalipun pasti mogok benar-benar memalukan :( . Saat mogok sama sekali ga bakal bisa hidup meski kaki udah loyo karena ngengkol (stater listrik udah ga mempan) cek busi kering, cek pengapian juga bagus (hilang sudah keraguan pada kiol / CDI) tapi setelah ganti busi cadangan bisa hidup tapi harus digeber dulu diatas 7000 rpm kalo nggak dijamin bakal mogok lagi, bahkan sempat saya beli beberapa busi cadangan buat jaga-jaga. Anehnya kalo dicuci steam, ga ada masalah saat dihidupkan lagi (kecurigaan pada cap / tutup busi hilang sudah).
Dan karena penasaran dan capek bongkar pasang busi saat mogok dikala hujan, Awal bulan ini mampir ke AHASS beli cap busi (cap, supresor #30700-KPH-881) harganya cuma Rp. 14.000,00. Setelah saya pasang esoknya, dicoba buat nerobos hujan lebat di Surabaya, plus banjir beberapa waktu lalu. Alhamdulillah akhirnya ga mogok sama sekali, berakhir sudah penderitaan saya saat hujan turun tiba-tiba.
Setelah saya amati, memang cap busi yang lama karetnya sudah keras dan gripis (lubang kecil-kecil) pada ujungnya (yang menjepit keramik busi) kemungkinan saat hujan ada air atau uap air yang masuk sehingga menggangu pangapian, tapi tetap jadi misteri kenapa setelah di cuci steam motor saya tetap bisa hidup.
Gambar Cap, Supresor busi Tiger - Megapro dan kemungkinan bisa dipake juga di GL series lainnya.