Langsung ke konten utama

Masalah Keamanan Pada MacOS High Sierra

MacOS High Sierra yang merupakan update terbaru dari Sistem Operasi besutan Apple sedang mendapat sorotan terkait ditemukannya masalah keamanan yang bisa dibilang serius. Yang menjadi pokok permasalahan adalah, seseorang yang memiliki akses langsung kepada perangkat keras Apple dengan Sistem Operasi MacOS High Sierra dapat dengan mudah mendapatkan akses menyeluruh. Tidak sampai satu hari sejak temuan masalah ini mencuat di Internet, Apple langsung bekerja cepat melansir update dan panduan langkah untuk menutup masalah keamanan tersebut.

Pada hari selasa (senin, 27 November 2017 - WIB) masalah keamanan ini disebarkan melalui Twitter oleh pengembang perangkat lunak asal Turki, Lemi Orhan Ergin. Lemi mengungkapkan bahwa siapapun dapat melakukan login sebagai "root" tanpa memasukkan password, hal ini harus dilakukan secara langsung diperangkat bersangkutan, syukurlah tidak bisa dilakukan dengan cara koneksi jarak jauh (remote).

Hal ini hanya berefek pada MacOS High Sierra denga…

Memperbaiki Error SQL Server 2008 R2 - Unable to cast COM object of type 'System.__ComObject'


Beberapa waktu yang lalu saya diminta bantuan oleh rekan untuk membantu memperbaiki hasil instalasi SQL Server 2008 R2 di PC yang rencananya akan digunakan untuk latihan programing. Hanya saja saat itu rekan saya tidak menyebutkan secara spesifik pesan error yang muncul, namun setelah saya coba masalah ini terjadi saat mencoba melakukan koneksi ke server database utama meskipun sudah memasukkan nomor IP server database/namadatabase, user dan password dengan benar namun muncul pesan error seperti dibawah ini (saat itu tidak terpikir untuk melakukan screenshoot, hanya saya copy paste saja di notepad) :

TITLE: Microsoft SQL Server Management Studio
------------------------------
Unable to cast COM object of type 'System.__ComObject' to interface type 'Microsoft.VisualStudio.OLE.Interop.IServiceProvider'. This operation
failed because the QueryInterface call on the COM component for the interface with IID '{6D5140C1-7436-11CE-8034-00AA006009FA}' failed due to the following error: No such interface supported (Exception from HRESULT: 0x80004002 (E_NOINTERFACE)). (Microsoft.VisualStudio.OLE.Interop)
Unable to cast COM object of type 'System.__ComObject' to interface type 'Microsoft.VisualStudio.OLE.Interop.IServiceProvider'. This operation failed because the QueryInterface call on the COM component for the interface with IID '{6D5140C1-7436-11CE-8034-00AA006009FA}' failed due to the following error: No such interface supported (Exception from HRESULT: 0x80004002 (E_NOINTERFACE)). (Microsoft.VisualStudio.OLE.Interop)

Jujur saya sebelumnya tidak pernah bersentuhan dengan SQL Server 2008 R2, saya lebih cenderung ke hardware dan jaringan komputer dengan level newbie.  Langkah pertama saya lakukan instalasi ulang, dengan terlebih dahulu melakukan pembersihan seluruh komponen terkait SQL Server 2008 R2 tersebut hal ini bertujuan untuk mendapatkan hasil instalasi yang benar - benar "perawan".

Setelah kembali terinstall saya coba melakukan koneksi dengan memasukkan alat IP server database/namadatabase, user dan password, hasilnya masih sama saja muncul error seperti diatas. Akhirnya berkonsultasi ke Google, saya yakin diluar sana pasti ada yang pernah mengalami hal serupa. Alhamdulillah hasil pencarian membuahkan hasil, ternyata ada file *.dll yangg harus di-register ulang agar masalah ini bisa terselesaikan dan dile tersebut adalah ieproxy.dll. Ikuti langkah dibawah :

  1. Buka command prompt, tekan Windows + R kemudian ketik "cmd" lalu Enter
  2. Ketik regsvr32.exe “%Programfiles%\Internet Explorer\ieproxy.dll” lalu Enter jika menggunakan Windows 64 bit ketik regsvr32.exe “%Programfiles(x86)%\Internet Explorer\ieproxy.dll” lalu Enter
  3. Setelah muncul pesan proses registrasi sukses, coba lakukan koneksi di SQL Server 2008 R2, jika masih belum bisa dan muncul pesan error yang sama lakukan restart terlebih dahulu kemudian coba koneksi lagi
  4. Command Prompt harus dijalankan dengan otorisasi Administrator
Semoga bermanfaat, terima kasih sudah berkunjung.

loading...

Postingan populer dari blog ini

Memperbaiki "Insufficient Storage Available" di Android

Setelah melakukan upgrade CyanogenMod 10 versi Nightly tidak lupa saya juga memasang Gapps terbaru untuk Android 4.1.2 saya melakukan pengecekan aplikasi barangkali ada yang mengalami masalah setelah upgrade. Saya menemukan dua aplikasi Speedtest.net dan Wifi Analyzer tidak dapat dijalankan, pertama saya mengira harus dilakukan proses instalasi ulang aplikasi, namun setelah saya lakukan saat instalasi melalui Google Play saya menemui pesan gangguan "Insufficient Storage Available" padahal setelah saya lakukan cek melalui Titanium Backup ruang System ROM masih ada 76,2 MB jauh dari cukup untuk aplikasi Speedtest. net dan Wifi Analyzer.

Memperbaiki File Gambar dan Musik Hilang CM10

Sejak kejadian "hilangnya" file media seperti gambar dan musik setelah melakukan update ROM Manager beberapa bulan kemaren karena kesalahan penempatan file " .nomedia " di seluruh folder pada internal maupun eksternal storage, Samsung Fascinate saya selalu mengalami masalah yang sama setelah melakukan Flash dari Cyanogenmod 9 ( Ice Cream Sandwich 4.0.4 ) ke Cyanogenmod 10 ( Jelly Bean 4.1.2 ) yaitu file gambar dan musik tidak dapat terdeteksi oleh Android Media Scanner.

Pencarian solusi di internet juga tidak dapat menyelasaikan masalah ini, yaitu melakukan

[INFO] Gangguan Monetisasi Video YouTube (Sudah bisa)

Siapa yang tidak kenal dengan YouTube? sebuah layanan video streaming paling kondang sejagat milik Google. Salah satu kelebihan YouTube adalah diberikannya kesempatan para pengisi konten dalam hal ini video untuk menampilkan iklan pada apa yang telah mereka unggah (monetized atau monetisasi), dan tentunya ada imbalan dari Google memlalui layanan Google Adsense.

Awalnya saya tidak menyadari gangguan monetisasi ini karena sudah menjadi hal biasa bila setelah video saya unggah, dan diajukan untuk monetisasi disini perlu waktu disetujui. Tanda sebuah video telah lolos dari peninjauan adalah icon warna hijau dengan simbol $ telah berwarna putih, namun jika $ masih berwarna hitam berarti masih dalam peninjauan. 





Namun setelah lebih dari 2 hari simbol hijau dengan $ berwarna hitam masih menempel di video yang saya unggah, tanya sana dan sini seorang rekan yang juga aktif menggunggah video mengalami hal yang sama sejak tanggal 9 Juli 2013. Hasil riset dengan Google ternyata bukan hanya saya dan…